Jumat, 17 Maret 2023

5 Manfaat Ikan Kakap untuk Tubuh dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Manfaat dan Khasiat Ikan Kakap Merah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan kakap untuk tubuh. Ikan sudah menjadi bagian dari hidup kita. Ya, makanan yang sering kali dikonsumsi selain daging ayam maupun daging sapi. Adapun ikan yang cukup laris untuk dibeli yaitu ikan kakap. Hal ini disebabkan karena ikan laut memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya dan dipercaya dapat memenuhi sumber protein bagi manusia.



Manfaat Ikan Kakap untuk Tubuh dan Kandungan Gizinya

Manfaat ikan kakap untuk tubuh sangat banyak sekali, apalagi dengan kadungan gizinya yang luar biasa. Protein pada ikan kakap bisa dikatakan sangat tinggi. Disinyalir pada 100 gram ikan kakap mengandung 20,51 gram protein. Angka yang cukup fantastis bukan? Walaupun tinggi protein, ikan kakap memiliki kalori yang rendah. Jadi, untuk kamu yang sedang dalam program diet tidak perlu khawatir untuk tetap mengonsumsi ikan kakap ini.

Jadi tunggu apa lagi? simak manfaat ikan kakap untuk tubuh dan kesehatan berikut ini:


1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan kakap bagi tubuh adalah menjaga kesehatan jantung. Pada ikan kakap terdapat asam eikosapentaenoat sebesar 41 mg (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) di setiap 8 gram ikan kakap. Hal ini bisa menurunkan risiko dan menjaga kesehatan jantung dengan lemak omega 3. Tidak hanya itu, juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Rekomendasi agar manfaat ikan kakap dapat diambil secara maksimal yaitu dengan mengonsumsinya minimal 85 gram. Artinya ada 250 mg EPA dan DHA yang masuk ke dalam tubuh untuk kebutuhan nutrisi untuk kesehatan per minggu.



2. Membantu metabolisme tubuh

Khasiat dan manfaat ikan kakap bagi tubuh berikutnya adalah membantu metabolisme tubuh. Kebutuhan protein yang harus dipenuhi setiap orang adalah 0,8 gram setiap kilogram berat badan. Sehingga kandungan gizi ikan kakap ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena merupakan sumber protein.

Hal ini memiliki kaitan terhadap metabolisme dan kerja tubuh dari asupan protein yang masuk. Diperkuat lagi dengan banyak penelitian yang sudah membahas manfaat ikan kakap bisa menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, metabolisme tubuh, penyakit ginjal, dll.

Secara singkat manfaat protein ada banyak diantaranya adalah membantu sistem metabolisme tubuh, menaikkan massa otot, menjaga kesehatan tulang, dan mempercepat proses penyembuhan luka saat terjadi cedera atau luka.

Jika kamu sedang menjalani program diet tentunya ikan kakap bisa dijadikan sebagai opsi untuk dikonsumsi. Karena tidak hanya aman, ikan kakap yang tinggi protein menimbulkan dampak seperti rasa lapar berkurang, durasi kenyang yang lebih lama, dan menurunkan nafsu makan. Demikian manfaat ikan kakap bagi tubuh dan dalam membantu proses metabolisme.


3. Meningkatkan sel darah putih

Fungsi atau manfaat ikan kakap lainnya bagi tubuh adalah meningkatkan sel darah putih. Sekitar 70% kadar selenium terdapat pada setiap 3,5 ons ikan kakap merah. Selenium merupakan salah satu antioksidan penting bagi tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan terbentuknya sel darah putih serta membantu fungsinya yang diperlukan oleh kelenjar tiroid supaya bekerja dengan baik.

Tidak hanya itu, Selenium juga bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak DNA, menangani penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker. Berdasarkan uraian diatas, kandungan gizi ikan kakap ternyata mampu menangkat radikal bebas. 


4. Menjaga kesehatan mata dan tulang

Manfaat ikan kakap juga berlaku untuk perkembangan dan kesehatan bayi dan anak. Selain kaya akan protein, ikan kakap juga kaya akan vitamin. Tercatat pada 100 gram ikan kakap mengandung:

  • 108 IU (International Unit) Vitamin A
  • 408 IU (International Unit) Vitamin D

Adanya Vitamin A memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Sedangkan, Vitamin D berperan penting untuk kekuatan tulang.

Menurut penelitian, Vitamin ada dalam beta karoten bisa menurunkan risiko kanker pada serviks, saluran kemih, dan paru-paru. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi ikan kakap karena sudah jelas khasiat dan manfaat yang ditimbulkan.


5. Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan gizi dan nutrisi pada ikan kakap dapat membantu makanan diserap oleh aliran darah dan mengurangi peradangan organ dalam. Sehingga, pencernaan menjadi lancar tanpa ada masalah pada perut yang bisa membuat kurang nyaman.

Tenunya manfaat ikan kakap juga bisa berpengaruh untuk ibu hamil dengan keluhan pada pencernaan. Menjadi solusi pintar bahwa ikan kakap untuk di konsumsi ibu hamil.

Nah, kita sama-sama sudah melihat manfaat ikan kakap bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi. baik ikan kakap merah maupun ikan kakap putih. Namun, ada satu pertanyaan yang mungkin membuat kamu bertanya-tanya.


Berapa Ikan Kakap yang Harus Dikonsumsi untuk Bisa Mendapatkan Manfaat-nya?

Seperti yang kita tahu bahwa manfaat ikan kakap bagi kesehatan cukup banyak, namun berapa porsi baiknya untuk dikonsumsi? Pada dasarnya, ikan kakap merah atau putih aman untuk dikonsumsi setiap hari. Cukup dengan 40 gram ikan kakap kamu sudah mendapatkan seluruh khasiat ikan kakap untuk tubuh-mu. Namun, perlu diingat juga kalau manfaat ikan kakap itu bisa menjadi sia-sia jika salah dalam mengolahnya.

Lemak jahat bisa saja muncul jika ikan diolah dengan cara digoreng. Jadi sebisa mungkin hindari gorengan ikan. Solusinya adalah dengan merebus dan memanggang ikan kakap. Jangan lupa diimbagi dengan sumber protein dari tempe, tahu, dan telur.

Masih bingung dengan olahan ikan kakap, kamu bisa mencoba ikan kakap giling yang bisa kamu dapatkan di Ikan Giling Malang. Tentunya dengan ikan giling kakap kamu bisa olah lagi menjadi bakso ikan, dimsum, dan lainnya. Pastinya baik untuk tubuh. 

Jika kamu berminat bisa langsung klik https://www.ikandau.com/ atau hubungi 081654966322.

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Cari Artikel