Minggu, 26 Maret 2023

Sejarah dan Cara Membuat Pempek dari Ikan Tenggiri Giling Enak dan Praktis

Sejarah dan Cara Membuat Pempek dari Ikan Tenggiri Giling Enak dan Praktis

Sejarah dan Cara Membuat Pempek dari Ikan Tenggiri Giling Enak dan Praktis. Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari adonan tepung terigu dan ikan. Salah satu jenis ikan yang sering digunakan dalam pembuatan pempek adalah ikan tenggiri giling. Ikan ini dipilih karena dagingnya yang kenyal dan tidak terlalu berminyak, sehingga cocok untuk diolah menjadi pempek. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat pempek dari ikan tenggiri giling yang enak dan mudah diikuti.

Sejarah Terbentuknya Makanan Pempek

Sejarah pempek bisa ditelusuri ke masa lalu, pada abad ke-16 ketika kerajaan Sriwijaya masih berdiri. Pada saat itu, Palembang merupakan kota pelabuhan yang ramai dan menjadi pusat perdagangan di wilayah timur Indonesia. Ikan adalah salah satu hasil bumi utama yang dihasilkan oleh daerah tersebut.

Pada awalnya, pempek dibuat dengan cara digiling menggunakan batu besar atau alat tradisional yang disebut dengan "lesung". Daging ikan dihaluskan dengan menggunakan lesung dan dicampurkan dengan tepung sagu dan bahan-bahan lainnya. Setelah itu, adonan diukur dan dibentuk menjadi bola-bola atau batang-batang.

Pada masa pemerintahan Belanda di Indonesia, teknologi modern mulai diperkenalkan dan pengolahan ikan menjadi pempek menjadi semakin mudah. Pada tahun 1945, seorang pria bernama Abang Mado membuka usaha pempek pertama di Palembang, yang kemudian dikenal sebagai Pempek Abang Mado. Usaha ini menjadi populer dan menjadikan pempek semakin terkenal di seluruh Indonesia.

Sejak saat itu, usaha pempek semakin berkembang dan menjadi salah satu usaha yang paling sukses di Palembang. Pempek Abang Mado kemudian dibuka cabang-cabangnya di beberapa kota besar di Indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri. Pempek Abang Mado juga berhasil menjadi produsen pempek terbesar di Indonesia.

Hingga saat ini, pempek masih menjadi makanan yang sangat populer dan menjadi ikon kota Palembang. Banyak pengusaha dan produsen makanan yang mencoba membuat pempek dengan berbagai inovasi dan variasi rasa. Pempek kini tidak hanya dijual di Palembang, namun juga bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia, bahkan di luar negeri.

Pempek menjadi salah satu makanan yang sangat dihargai oleh masyarakat Palembang dan Indonesia secara keseluruhan. Selain sebagai hidangan utama, pempek juga menjadi simbol dari keanekaragaman kuliner Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, pempek terus mengalami perkembangan dan menjadi makanan yang semakin terkenal dan dicari oleh wisatawan lokal dan internasional.

 

Cara Membuat Pempek Anti Gagal dan Enak

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pempek dari ikan tenggiri giling antara lain:

  • Ikan tenggiri giling sebanyak 500 gram
  • Tepung sagu sebanyak 200 gram
  • Tepung terigu sebanyak 100 gram
  • Bawang putih sebanyak 3 siung, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Air matang sebanyak 300 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Campurkan ikan tenggiri giling dengan tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan.
  3. Diamkan adonan selama 10-15 menit agar tepung meresap dan adonan menjadi lebih kenyal.
  4. Ambil adonan secukupnya dan bentuk sesuai selera. Biasanya, pempek dibentuk menjadi bola-bola kecil atau lonjong.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng pempek hingga matang dan keemasan.
  6. Angkat pempek dan tiriskan minyaknya.

Variasi Olahan Masakan Pempek

Untuk membuat hidangan yang lebih bervariasi, pempek juga bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti telur, tahu, atau udang. Ada beberapa jenis pempek yang umumnya dibuat, yaitu:

  • Pempek Kapal Selam: Pempek yang diisi dengan telur rebus dan disajikan dengan kuah cuka dan saus sambal.
  • Pempek Lenjer: Pempek yang bentuknya seperti lenjer atau batang. Biasanya dimakan dengan saus cuko atau kecap manis.
  • Pempek Adaan: Pempek yang dicampur dengan tahu dan telur ayam, kemudian dibentuk lonjong. Disajikan dengan saus cuko.
  • Pempek Kulit: Pempek yang dibuat dari kulit ikan tenggiri yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung sagu dan bahan-bahan lain. Bentuknya pipih seperti kulit dan biasanya dimakan dengan saus cuko.
Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka atau saus sambal. Kuah cuka terbuat dari cuka, gula merah, air, bawang putih, cabai rawit, dan garam. Saus sambal terbuat dari cabai merah, bawang putih, gula, air jeruk nipis, dan garam.

Kami menawarkan produk olahan ikan giling yang terbuat dari ikan tenggiri, ikan kakap, dan ikan gabus dengan kualitas terbaik. Produk olahan ini cocok untuk berbagai jenis masakan seperti pempek, otak-otak, bakso ikan, dan masih banyak lagi. Dibuat dengan proses penggilingan yang higienis dan terjaga kebersihannya, produk olahan ikan giling kami dapat dipastikan aman dan halal. Tersedia dalam kemasan yang praktis dan mudah digunakan, pesan sekarang dan nikmati kelezatan masakan dengan produk olahan ikan giling terbaik dari kami.

 

Produk olahan Ikan Giling Malang berupa ikan tenggiri giling, ikan kakap giling, dan ikan gabus giling memiliki cita rasa yang lezat dan kaya akan protein.

Kami men jual ikan tenggiri giling di Malang pemesanan bisa melalui website kami di https://www.ikandau.com atau hubungi 081654966322.


Varian Produk Kami :

Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan gabus giling, ikan giling gabus, ikan giling malang.










Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel