Sabtu, 25 Maret 2023

Membuat Bakso Ikan dari Ikan Kakap Giling dan Tips Sukses Membuatnya

Membuat Bakso Ikan dari Ikan Kakap Giling dan Tips Sukses Membuatnya

Membuat Bakso Ikan dari Ikan Kakap Giling dan Tips Sukses Membuatnya. Bakso adalah makanan populer di Indonesia, terutama sebagai menu sarapan atau makanan ringan. Bakso terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, atau udang yang digiling halus dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica. Kemudian adonan diambil dan dibentuk bulat-bulat seukuran bola pingpong. Bakso ikan dari ikan kakap giling adalah salah satu variasi bakso yang sangat lezat. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat bakso ikan dari ikan kakap giling, dan akan memuat kata kunci "ikan giling tenggiri".

Ikan giling tenggiri adalah bahan yang sangat baik untuk membuat bakso ikan karena dagingnya yang putih, halus, dan tidak terlalu berlemak. Selain itu, ikan giling tenggiri juga kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Di Indonesia, ikan giling tenggiri banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat bakso ikan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat bakso ikan dari ikan kakap giling cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket.

 

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram ikan kakap fillet, cuci bersih, potong kecil-kecil
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula
  • 1 sendok makan merica bubuk
  • 500 ml air es

 

Cara membuat bakso ikan dari ikan kakap giling:

  1. Giling ikan kakap hingga halus, lalu campurkan dengan tepung sagu, tepung terigu, telur, bawang putih, garam, gula, dan merica bubuk. Aduk rata hingga kalis.
  2. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik dan berubah warna menjadi lebih pucat.
  3. Rebus air dalam panci besar hingga mendidih.
  4. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat seperti bola bakso. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Masukkan bola-bola bakso ikan ke dalam air mendidih dan aduk perlahan agar tidak saling menempel. Masak hingga bola-bola bakso mengapung dan matang (sekitar 5-7 menit).
  6. Angkat bakso ikan dan tiriskan.
  7. Bakso ikan siap disajikan dengan kuah kaldu ikan atau digoreng sebagai camilan.

 

Tips Sukses Membuat Bakso Ikan Kakap:

  • Gunakan air es saat mencampurkan adonan bakso agar hasilnya lebih lembut dan tidak mudah hancur saat direbus.
  • Jangan terlalu lama mengaduk adonan bakso agar tidak terlalu kalis dan keras.
  • Saat merebus bakso ikan, jangan terlalu banyak memasukkan bola-bola bakso ke dalam air mendidih agar tidak menempel satu sama lain. Aduk perlahan agar bola-bola bakso terpisah satu sama lain.
  • Untuk rasa yang lebih lezat, tambahkan bahan-bahan lain seperti wortel atau jagung ke dalam adonan bakso ikan sebelum membentuknya menjadi bola-bola.
  • Jangan terlalu sering mengaduk bakso ikan saat merebus agar bola-bola bakso tidak mudah pecah.

 

Bakso ikan dari ikan kakap giling bisa disajikan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan kuah kaldu ikan. Untuk membuat kuah kaldu ikan, rebus tulang ikan dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, daun bawang, dan garam hingga mendidih. Kemudian tambahkan bakso ikan dan biarkan mendidih sebentar sebelum disajikan.

Selain itu, bakso ikan juga bisa digoreng sebagai camilan atau lauk. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggoreng bola-bola bakso ikan dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga berwarna kecokelatan.

Bakso ikan dari ikan kakap giling adalah pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga. Kaya akan protein dan vitamin, bakso ikan ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, terutama oleh anak-anak yang membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, bakso ikan juga cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah lemak dan kolesterol tinggi.

Bakso ikan dari ikan kakap giling adalah variasi bakso yang sangat lezat dan bergizi. Ikan giling tenggiri yang menjadi bahan dasarnya kaya akan protein dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Membuat bakso ikan dari ikan kakap giling cukup sederhana dan mudah dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket. Bakso ikan dari ikan kakap giling bisa disajikan dengan kuah kaldu ikan atau digoreng sebagai camilan atau lauk. Bakso ikan ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan dan sangat baik untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari.

Kami menawarkan produk olahan ikan giling dari ikan tenggiri, ikan kakap, dan ikan gabus yang segar dan berkualitas. Produk-produk olahan ikan giling ini sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar makanan seperti bakso, nugget, atau olahan lainnya. Dengan kandungan protein dan vitamin yang tinggi, produk olahan ikan giling kami sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda dan keluarga. Segera dapatkan produk kami di toko ikan terdekat atau hubungi kami untuk pemesanan.

 

Produk olahan Ikan Giling Malang berupa ikan tenggiri giling, ikan kakap giling, dan ikan gabus giling memiliki cita rasa yang lezat dan kaya akan protein.

Kami men jual ikan tenggiri giling di Malang pemesanan bisa melalui website kami di https://www.ikandau.com atau hubungi 081654966322.


Varian Produk Kami :

Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan gabus giling, ikan giling gabus, ikan giling malang.










Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel